6 Aktivitas untuk Melatih Motorik Halus Anak

Setiap orang tua tentunya menginginkan anaknya untuk bisa menulis secepatnya. Meski begitu namun terkadang mereka juga kurang mempersiapkan si kecil dengan baik. Beberapa anak mungkin sudah mengenal bentuk dan huruf. Hanya saja motorik halusnya kurang terasah dengan baik. Nah berikut merupakan tips parenting cara mengasah dan melatih motorik halus si kecil.

  1. Menggunting Kertas

Sebelum melakukan aktivitas yang satu ini, pastikan Anda sudah mengajari si kecil untuk memegang gunting dengan benar. Cara memegangnya adalah ibu jari dan jari tengahnya dimasukkan ke dalam dua luang gunting yang berbeda. Sedangkan jari lainnya menekuk ke arah telapak tangan. Hal ini bermanfaat untuk membantu proses penguatan otot jemari sang buah hati.

  1. Melipat Kertas

Aktivitas yang satu ini bermanfaat untuk menguatkan otot jemari tangan dan telapak tangan si kecil. Terutama ketika anak melipat dan menekan lipatan tersebut. Aktivitas yang satu ini bisa Anda mulai dengan melipat bentuk sederhana. Ternyata kegiatan melipat kertas juga sangat efektif untuk membantu mengasah motorik halus sang buah hati.

  1. Memutar Koin

Dalam hal ini Anda bisa membuat kompetisi memutar koin. Siapa yang bisa memutar koin paling lama, dialah pemenangnya. Tips parenting yang satu ini ternyata sangat membantu untuk melenturkan otot kecil pad jemari tangan sang buah hati. Pasalnya aktivitas ini akan memicu sang buah hati untuk memutar koin sekencang-kencangnya.

  1. Menghubungkan Titik

Menghubungkan titik merupakan aktivitas selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengasah motorik halus pada si kecil. tak hanya melatih jemari tangan sang buah hati, aktivitas ini juga dapat membantu menguatkan otot lengan tangan anak. Usahakan untuk melakukan aktivitas ini dia atas meja agar otot lengan si kecil dapat berkerja lebih fleksibel.

  1. Meronce

Kegiatan yang satu ini bermanfaat untuk menguatkan dan melenturkan otot jari tengah, jempol, dan telunjuk si kecil agar dapat memegang pensil dengan benar. Aktivitas meronce dapat menguatkan 3 jari sekaligus. Anda hanya perlu meminta sang buah hati untuk memasukan mote atau manik-manik ke dalam benang untuk membuat sebuah kalung.

  1. Bermain Playdough atau Wax

Aktivitas yang satu ini termasuk ke dalam permainan yang terkesan lebih bebas dan dapat dilakukan kapan saja. Biarkan si kecil bermain dengan sendirinya untuk membuat benda dan bentuk sesuai dengan imajinasinya. Selain bermain playdough, Anda juga bisa bermain dengan aktivitas yang serupa seperti membuat aneka kreasi menggunakan kertas bekas dan jiplakan.

Nah di atas merupakan beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk mengasah motorik halus sang buah hati. Aktivitas di atas perlu Anda lakukan secara bergantian agar si kecil tidak merasa bosan. Jangan pernah memaksa si kecil untuk menulis jika motorik halusnya belum terasah dengan baik. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan tips parenting lainnya hanya di orami.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *