Business Plan Untuk Entrepreneur Pemula

Blue print dan juga Business Plan adalah hal paling krusial untuk anda yang akan merintis sebuah bisnis karena blueprint akan menjabarkan secara tertulis yang didalamnya menggambarkan sebuah ide bisnis lebih mendalam secara keseluruhan. Dalam hal ini bisa dalam rangka menggaet investor atau hanya untuk mempermudah mengembangkan bisnis anda sendiri nantinya. Business plan yang matang tentunya akan membantu anda dalam mengubah ide bisnis menjadi sebuah perusahaan yang akan terus berkembang kedepannya, oleh karenanya bisniss plan sangat dibutuhkan. Anda bisa membuat sebuah business plan yang seolah – olah hidup, yang selalu beradaptasi sebagaimana anda yang juga mulai mengerti tentang prilaku konsumen, seluk beluk penjualan, pemasaran dan juga evaluasi secara keseluruhan dari sisi keuangan perusahaan anda.

Ada beberapa poin yang harus ada dalam Business Plan anda, salah satunya adalah ringkasan ekseklusif, didalamnya berisi overview perusahaan secara garis besar dan harus juga merangkum semua poin krusial dalam business plan. Pendahuluan, hal ini bisanya menjadi bab paling awal dari sebuah proposal perencanaan bisnis anda, pada tahap ini anda perlu menjelaskan latar belakang dan juga visi misi dan juga sasaran bisnis yang akan anda kelola nantinya. Peluang bisnis pada tahap ini anda harus menjelaskan secara menyeluruh apa masalahnya dan juga solusi terbaik dan keunggulan dari bisnis yang akan anda kelola, dan yang tidak boleh lupa anda harus mention sasaran pasar dari bisnis yang sedang anda jalankan.

Business Plan selanjutnya adalah menjalankan bisnis, semua yang sudah anda tulis dalam blu print sebagaimana strategi pemasaran, cara menjual, pengelolaan usaha dan apa cara anda untuk menawarkan agar ide anda bisa menjadi ladang penghasilan untuk bisnis anda. Komposisi tim juga adalah sebuah hal yang tidak boleh dianggap sebelah mata, sebagian investor merasa penting untuk mengetahui latar belakang dan juga keahlian khusus dari tim yang sudah anda rekrut. Management keuangan adalah bagian terakhir untuk anda mencantumkan forecasting finansial perusahaan, mengingat ini adalah hal paling penting investor biasanya butuh angka mengenai berapa keuangan dan modal awal yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *