Wajib-Wajib Shalat Yang Perlu Umat Islam Ketahui

Dalam menjalankan ibadah shalat kita harus menjalankan syarat shalat, rukun shalat dan wajib-wajib shalat agar shalat kita sempurna dan diterima Allah. Dilansir dari IslamExplored.org, setelah syarat dan rukun shalat sudah kita pahami, maka selanjutnya adalah memahami wajib-wajib shalat. Sebagai umat Islam kita wajib mengetahui apa saja perkara-perkara yang wajib dilakukan saat menjalankan ibadah shalat.

Wajib yang pertama adalah melafalkan semua takbir, jadi kita diwajibkan untuk mengucapkan semua takbir tapi tidak termasuk pada takbiratul ihram. Karena takbiratul ihram merupakan bagian dari rukun shalat dan tidak bisa disatukan dengan wajib-wajib dalam shalat. Kita wajib mengucapkan takbir saat melakukan gerakan rukuk, sujud, bangkit dari sujud, dan takbir-takbir lain yang biasa kita lakukan. Kemudian kita juga wajib mengucapkan kalimat sami’allahu liman hamidah setelah rukuk dan berdiri sebelum sujud. Semua orang yang shalat yaitu imam maupun shalat sendiri wajib mengucapkan sami’allahu liman hamidah. Karena hal ini juga menjadi salah satu sifat shalat Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam.

Lalu wajib shalat selanjutnya adalah membaca bacaan rukuk dan bacaan sujud. Untuk bacaan rukuk bisa membaca lafal Subhana Rabbiyal ‘Adizim dan sujud dengan bacaan Subhana Rabbiyal A’la. Bacaan ini menjadi perkara wajib karena dalam kondisi rukuk adalah kondisi yang sangat diutamakan untuk mengagungkan Allah. Dan pada saat sujud adalah kondisi yang sangat diutamakan untuk berdoa dan mengucapkan kalimat tersebut. Wajib shalat selanjutnya adalah membaca doa rabbighfirli saat duduk di antara dua sujud. Pada saat kita shalat adalah saat dimana kita berkomunikasi dengan Allah dan berdoa kepada Allah sesuai dengan perintah Nabi Muhammad Shallahu ‘Alaihi Wassalam. Makna dari doa diantara dua sujud tersebut adalah memohon ampun kepada Allah.

Kemudian saat melaksanakan shalat kita juga wajib untuk membaca doa tasyahud pertama dan duduk tasyahud pertama. Dalam hadist mengatakan bahwa tasyahud pertama dan duduk pada tasyahud pertama menjadi perkara yang wajib dalam mengerjakan shalat. Dan jika kita lupa untuk menjalankan wajib-wajib shalat maka bisa diganti dengan sujud sahwi saja. (sumber : IslamExplored.org)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *